Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

20mgtadalafillowest-price.info – HP menjadi barang vital bagi kehidupan di zaman sekarang. Sepertinya, tidak ada orang yang benar-benar dapat lepas dari HP, baik itu HP Android ataupun iPhone. Setiap bangun tidur hingga mau tidur lagi, entah berapa kali Anda menggunakannya. Penggunaannya untuk sekolah,bisnis, belajar, maupun hahahihi belaka. 

Nah, bagaimana perasaan Anda apabila benda kecil tersebut tidak ada dalam genggaman? Atau bagaimana perasaan Anda apabila Android ada dalam genaggaman tetapi fungsi komponennya kurang berjalan maksimal, misalnya mati total? Sedih, kan? Jangan khawatir dulu ya, karena kami akan membantu memberikan solusinya untuk Anda bagaimana cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala. 

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup Lagi?

Ada beberapa penyebab kenapa HP bisa mati total. Pertama, biasanya terkena air. HP bukanlah benda waterproff. Jadi, dalam penggunaannya harus menghindari dekat-dekat dengan air. Apabila air masuk dalam komponen ponsel, maka bisa menyebabkan korsleting dan membuatnya mati total.

Kedua, terkena virus atau malware. Virus membuat ponsel cepat rusak. Sehingga hindarilah mengunduh aplikasi-aplikasi yang bukan pada tempatnya yakni, hanya unduhlah melalui Google Play Store. 

Ketiga, sistemnya bug. Error atau bug sering terjadi apabila jarang melakukan update terbaru. Nah, oleh karena itu, hindarilah rasa malas updating, ya!

Keempat, baterainya rusak. Baterai rusak bisa membuat ponsel mati total. Hal itu dikarenakan sembrono ketika nge-charge

Kelima, panas berlebih (overheat). Hindari penggunaan secara overheat. Karena overheat bisa membuat komponen bagian dalamnya rusak. 

Keenam, sudah waktunya ganti baru. Ponsel memang memiliki ketahanan terbatas. Jadi, apabila sudah memilikinya dalam waktu lama, lebih baik segera diganti dengan yang baru. 

Cara Memperbaiki Android yang Mati (Tidak Nyala)

Setelah mengetahui penyebab matinya ponsel, berikut akan kami berikan bagaimana solusi memperbaikinya. Beberapa poin berikut ini bisa Anda praktikkan, loh. 

 

  • Isi Daya Baterai Selama Mungkin

 

Biasanya cara ini cukup efektif dipraktikkan. Layaknya memancing, maka proses mengisi daya selama berjam-jam ini seperti memancingnya untuk kembali nyala. Namun, perhatikan juga overheatnya. Apabila sudah panas, segera cabut dari colokan. 

 

 

  • Wipe File Data Sekaligus Chache di Recovery Mode

 

Ada beberapa langkah di bawah ini yang dapat diikuti. 

  • Tekan power + vol up + vol down secara bersama-sama
  • Cari menu Wipe
  • Lakukan Wipe Data sekaligus Wipe Chache
  • Matikan ponsel melalui recovery
  • Hidupkan kembali

 

 

  • Flashing Ulang Sistem

 

Flashing  harus memerlukan bantuan PC. Untuk tutorialnya, segera cari di Youtube dengan kata kunci “cara flashing HP (sesuai merek)”. Atau datanglah ke tempat servis terdekat. 

 

 

  • Tinggalkan di Ruang Terbuka

 

Apabila ponsel mati karena terkena air, tinggalkan saja pada ruang terbuka. Biarkan dalam keadaan mati terlebih dahulu, baru setelah itu lepas baterai, SD card, serta SIM cardnya. Lebih baik taruhlah pada tempat yang sedikit hangat agar mempercepat proses penguapan airnya. 

Nah, jika keempat cara mandiri tersebut masih belum berhasil Anda terapkan. Segeralah bawa ke tukang servis. Biayanya memang mahal, tetapi Anda tidak perlu pusing memperbaikinya seorang diri. 

Baca Juga : Bagaimana Cara Cacing Tanah Bernafas

Semoga cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala ini bisa berguna bagi Anda ya. Apabila memiliki cara lainnya, sertakan saja pada kolom komentar di bawah. Saling berbagi info itu menyenangkan, kan? Dan, cara-cara di atas dapat coba Anda terapkan pada semua jenis ponsel, tidak melulu pada Andoid. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *